Saturday, July 4, 2009

ANCANG - ANCANG HADAPI BATUK &FLU

Setiap kali musim hujan datang,maka setiap kali pula banyak masalah timbul.Cuaca biasanya sangat berpengaruh pada orang yang mempunyai riwayat alergi,baik alergi terhadap cuaca dingin pada musim hujan maupun alergi debu pada musim kemarau.

Banyak faktor yang mempengaruhi daya tahan tubuh,bervariasi dari orang ke orang.Bukan hanya bakat alergi & musim,tapi juga kebugaran tubuh.
Kebugaran tubuh sangat ditentukan oleh :
• Kebiasaan makan
• Kebiasaan istirahat
• Olah raga

Sangat mudah menentukan bugar tidaknya seseorang,kalau dua bulan sekali sakit itu pertanda bahwa tubuhnya tidak bugar atau mungkin ada hal lain.
Daya tahan tubuh lazimnya tidak naik turun dengan mudah,orang yang bugar & sehat akan jarang kena flu.Paling-paling satu kali dalam setahun.
Kaitan langsung musim hujan terhadap datangnya gangguan flu,biasanya pada musim hujan cuaca terasa dingin atau lembab.Kelembaban itulah yang membuat daya tahan saluran napas menurun,kondisi itu membuat orang tidak mampu menangkal serangan virus yang berkeliaran di lingkungan.Namun infeksi virus dapat sembuh dengan sendirinya jika tubuh sudah menguat kembali.Infeksi virus membuat mukosa saluran napas menjadi hiperaktif,dalam kondisi seperti ini batuk pilek belum tentu disebabkan oleh virus.Itu pertanda adanya iritasi pada saluran napas.
Batuk merupakan satu bentuk mekanisme tubuh untuk membuang sesuatu dari dalam seperti dahak atau sesuatau dari luar seperti debu,minuman manis atau dingin.
Batuk pilek memang sering jadi pertanda orang kena flu,namun sebenarnya masih banyak lagi yang lain.Setiap orang memiliki gejala flu yang khas,misalnya disertai pusing atau puyeng yang sangat berat.
Secara umum flu ditandai dengan :
o Nyeri badan
o Demam
o Batuk
o Pilek
o Masalah saluran cerna,misalnya diare

Upaya penangkalan terhadap flu :
 Menghindari orang yang sedang menderita batuk pilek
 Istirahat
 Menghindari tempat yang dingin atau berdebu
 Menggunakan larutan garam jenuh untuk berkumur

No comments: